Revitalisasi Infrastruktur Kota Jakarta

Salah satu aspek penting yang harus ditingkatkan di kawasan Kota Jakarta adalah infrastruktur, seperti revitalisasi membutuhkan infrastruktur yang baik, terorganisir rapi dan terpercaya.

Salah satu faktor yang mendukung revitalisasi Kota Jakarta adalah adanya penduduk yang menetap dan aktif di daerah tersebut. Salah satu cara untuk revitalisasi Kota Jakarta untuk berhasil adalah untuk meningkatkan penduduk, terutama mereka yang masih bekerja di lokasi.

Tapi untuk wilayah Jakarta Lama, penduduk kelas menengah dan menengah-ke-rendah akan lebih cocok untuk akomodasi. Karena keterbatasan yang ada, bertingkat tinggi flat (Rumah susun) akan sangat pas.

Ada dua jenis flat bertingkat tinggi, mereka yang dijual dan mereka yang disewakan. Bagian tengah-ke-rendah class menjadi target yang paling berharga untuk flat tersebut di wilayah Kota Tua Jakarta, flat sederhana sewa (Rumah susun sewa) akan sangat tepat.

Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah sangat terbatas availibilty tanah. Namun, jika semua pemangku kepentingan berpikir lebih kreatif, disewakan flat bertingkat tinggi di kawasan kota tua tentu bisa direalisasikan. Beberapa kavling seperti di Jalan Teh, Jalan Kunir dan daerah sekitarnya saat ini gudang tua (Gudang tempo doeloe), sebagian besar tidak terpakai.

Lokasi tersebut pasti bisa dirubah dan dapat digunakan sebagai dasar untuk disewakan flat bertingkat tinggi. Untuk pengetahuan penulis, selain dari yang dimiliki oleh perusahaan pribadi dan swasta, ada juga lahan yang masih dimiliki oleh pemerintah, misalnya PT PPA, yang dimiliki oleh BUMN.

Sekarang diserahkan kepada kemauan politik pemerintah seperti pemerintah daerah setempat dan Kementerian BUMN untuk menggunakan leased flat bertingkat tinggi tidak hanya sebagai kendaraan menghasilkan uang, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kepentingan lingkungan dan masyarakat.

Lahan yang tersedia tidak akan dijual, melainkan akan dikembangkan sebagai sewa flat bertingkat tinggi dan dikelola oleh badan-badan profesional. Setelah 15 sampai 20 tahun, flat ini bisa dikembalikan ke masing-masing pemilik.

Tujuh puluh persen dari populasi perkotaan terdiri dari penduduk dengan pendapatan rendah atau pendapatan kurang dari Rp 1,5 juta per bulan. Dengan asumsi biaya sewa akan menghabiskan sekitar 30 persen dari pendapatan bulanan mereka, maksimal Rp 450.000 per bulan dapat digunakan untuk membayar sewa flat, air, dan listrik.

Jenis-jenis masalah tidak dapat diselesaikan dengan menciptakan rumah sehat sederhana (Rumah Sederhana Sehat di) terletak satu sampai dua jam lagi, dengan angkutan umum, dari tempat kerja.

Sewa flat bertingkat tinggi dikelola secara profesional dan tegas dapat mengisi persyaratan untuk tempat tinggal layak huni bagi masyarakat kelas menengah-rendah dan juga dapat meningkatkan irama kehidupan di kawasan Kota Tua Jakarta.

Pagi yang lebih tinggi dan waktu kegiatan malam hari dibandingkan saat ini ada dapat dipastikan. Di pagi hari, penghuni flat, dengan berbagai profesi mereka, bisa pergi bekerja penuh semangat dengan biaya yang relatif rendah, karena pada saat itu akan ada halte bus transjakarta di depan stasiun Beos. Moda transportasi lain, dari taksi sepeda sepeda ke bus kota, juga siap untuk membawa mereka ke tempat tujuan mereka.

Hal yang sama akan berlaku untuk kegiatan waktu malam juga, membuat kawasan ini lebih hidup dan bersemangat karena sebelum pulang ke flat, penghuni bisa menemukan sesuatu untuk makan di luar atau melakukan kegiatan lain. Tentu saja, kegiatan ekonomi di wilayah tersebut pasti akan meningkat.

Dalam jangka panjang daerah ini akan menarik investor lain yang ingin masuk ke kawasan Kota Tua Jakarta dan membantu wilayah ini menjadi tempat yang nyaman untuk mengunjungi dan menghuni. Panduan wisata di bandung.

Advertisements
This entry was posted in Dunia Bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s