Kapan bayi saya bisa mulai minum air?

Secara umum, itu bukan ide yang baik untuk memberikan air pada bayi anda sampai dia sekitar 6 bulan. Sampai saat itu, dia akan mendapatkan semua hidrasi yang ia butuhkan dari ASI atau susu formula, bahkan dalam cuaca panas.

Memberikan bayi yang lebih muda dari 6 bulan terlalu banyak air dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dalam ASI atau susu formula. Hal ini juga dapat menyebabkan perutnya merasa penuh, yang mengekang keinginannya untuk makan. (Sementara menyesap air mungkin tidak akan menyakiti bayi Anda, yang terbaik untuk memeriksa dengan dokter terlebih dahulu selama enam bulan pertama.)

Dalam kasus yang jarang, bayi yang minum terlalu banyak air dapat mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai intoksikasi air, yang dapat menyebabkan kejang dan bahkan koma. Keracunan air terjadi ketika air terlalu banyak mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh, mengganggu keseimbangan elektrolit dan menyebabkan jaringan menjadi membengkak.

Menambahkan terlalu banyak air pada formula bayi Anda tidak hanya risiko keracunan air, berarti bayi Anda mengambil nutrisi kurang dari yang dia butuhkan. Hati-hati ikuti petunjuk paket untuk mencampur susu bubuk formula atau terkonsentrasi dan tidak mencoba untuk meregangkan rumus dengan menggunakan lebih dari jumlah air yang disarankan.

Dalam beberapa kasus – jika bayi mengalami gastroenteritis, misalnya – dokter mungkin menyarankan Anda untuk memberinya minuman elektrolit seperti Pedialyte atau Infalyte untuk membantu mencegah dehidrasi.

Setelah bayi berusia 6 bulan, tidak apa-apa untuk memberinya sedikit air ketika ia haus. Anda masih tidak ingin berlebihan, meskipun, atau Anda mungkin memberinya sakit perut atau membuat dia terlalu penuh untuk makan dengan baik. Setelah ulang tahun pertamanya, ketika padatan bayi Anda makan dan minum susu secara keseluruhan, Anda dapat membiarkan dia minum air sebanyak yang dia suka.

Advertisements
This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s